UDiNus Repository

PERANAN PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS SISTEM PEMBERIAN KREDIT GUNA MEMINIMALISIR RISIKO KREDIT MACET STUDI KASUS PADA KOPERASI SERBA USAHA ARTHA KARYA

DEWI, SARI NILAM (2015) PERANAN PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS SISTEM PEMBERIAN KREDIT GUNA MEMINIMALISIR RISIKO KREDIT MACET STUDI KASUS PADA KOPERASI SERBA USAHA ARTHA KARYA. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (53Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Aktivitas pemberian kredit merupakan aktivitas utama yang ada pada Koperasi Serba Usaha Artha Karya. Masalah keamanan kredit merupakan masalah yang harus diperhatikan, karena adanya risiko yang mungkin timbul dalam sistem pemberian kredit dan kemungkinan akan mengakibatkan macetnya kredit yang diberikan kepada nasabah yang berakibat buruk terhadap kelangsungan hidup operasional koperasi. Pengendalian internal yang memadai berkaitan erat dengan efektivitas sistem pemberian kredit sebab pengendalian internal yang tidak diterapkan secara memadai turut mempengaruhi efektivitas sistem pemberian kredit. Dengan adanya pengendalian internal yang efektif maka bisa memnimalisir adanya risiko kredit bermasalah atau kredit macet (Risk of Loan). Penelitian ini menggunakan data subjek dan dokumenter. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan survey, observasi, wawancara, dokumentasi. Dalam melakukan kegiatannya, Koperasi Serba Usaha artha Karya telah menerapkan unsur pengendalian internal yang meliputi: Lingkungan Pengendalian (Control Environment), Penetapan Risiko (Risk Assessment), Aktivitas Pengendalian (Control Activities), Informasi dan Komunikasi (Information & Communication), dan Pemantauan (Monitoring) dan telah menggunakan analisis sesuai dengan prinsip 5C. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penulis menyimpulkan bahwa pengendalian internal pada Koperasi Serba Usaha Artha Karya kurang efektif dalam kaitannya menunjang sistem pemberian kredit.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:47
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:47
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17611

      Actions (login required)

      View Item