UDiNus Repository

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), FIRM SIZE DAMPAKNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (FIRM VALUE)

AHMAD, FAUZI (2015) CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), FIRM SIZE DAMPAKNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (FIRM VALUE). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (530Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Perusahaan saat ini, sudah mulai menunjukan perhatiannya terhadap lingkungan sosial dengan melakukan pengungkapan tanggung jawab sosial. Tanggung jawab sosial dapat digambarkan sebagai ketersediaan informasi yang diberikan perusahaan melalui penerbitan laporan tahunan yang berkaitan dengan kegiatan perusahaan baik diinternal perusahaan maupun eksternal perusahaan yang berkaitan dengan sosial dan lingkungan. Corporate Social Responsibility dipahami sebagai komitmen keberlanjutan (sustainability) perusahaan yang dicerminkan ke dalam konsep triple bottom line atau yang lebih dikenal dengan (3P) yaitu profit, planet, serta people. Keberlanjutan kegiatan suatu perusahaan akan terjadi apabila perusahaan menaruh kepedulian terhadap pertumbuhan ekonomi, pengembangan lingkungan, serta kepedulian terhadap kesejahteraan sosial. Di era sekarang ini Corporate Social Responsibility bukan hanya sekedar kegiatan sukarela bagi perusahaan, namun sudah menjadi kewajiban perusahaan dengan berlakunya Undang-Undang No 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Coorporate Social Responsibility, Firm Size terhadap nilai perusahaan (Firm Value). Nilai perusahaan pada penelitian ini menggunakan nilai pasar perusahaan yang diproksi melalui nilai dari Tobins Q. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan menggunakan metode purposive sampling terhadap perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia berturut-turut tahun 2012 dan 2013. Sebanyak 53 perusahaan manufaktur digunakan sebagai sampel penelitian. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa semua variabel baik coorporate social responsibility dan firm size berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (Firm Value). Dengan demikian, semakin tinggi aktivitas CSR dan ukuran perusahaan yang besar akan berpengaruh semakin tingginya nilai perusahaan (Firm Value). Hal ini mengindikasikan bahwa investor sudah mengakses informasi CSR dari perusahaan melalui laporan tahunan guna mengambil keputusan untuk investasi.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:47
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:47
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17630

      Actions (login required)

      View Item