UDiNus Repository

ANALISIS COST-VOLUME-PROFIT (CVP) SEBAGAI ALAT BANTU DALAM PERENCANAAN LABA (STUDI KASUS PADA PRODUKSI MOM`S JELLY UMKM PADEPOKAN SUKET SEGORO SEMARANG)

ANA, LESTARI PUJI (2015) ANALISIS COST-VOLUME-PROFIT (CVP) SEBAGAI ALAT BANTU DALAM PERENCANAAN LABA (STUDI KASUS PADA PRODUKSI MOM`S JELLY UMKM PADEPOKAN SUKET SEGORO SEMARANG). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (337Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      UMKM Padepokan Suket Segoro selama ini belum menerapkan analisa perhitungan biaya, volume dan laba. Hal ini menyebabkan perusahaan tidak mengetahui volume penjualan yang harus terjual agar perusahaan berada dalam titik impas maupun volume penjualan yang harus terjual agar perusahaan berada dalam titik impas maupun volume penjualan untuk mencapai target laba yang diinginkan oleh pihak UMKM Padepokan Suket Segoro. Dengan melakukan analisis CVP dapat diketahui hubungan antara perubahan volume penjualan dan jumlah biaya. Tujuan analisis ini yaitu untuk menganalisis perbandingan perencanaan laba antara metode konvensional dengan metode CVP UMKM Padepokan Suket Segoro produksi Mom's Jelly pada tahun 2014. Untuk menganalisis CVP dapat menggunakan analisa contribution margin dan ratio contribution margin, analisa break even point, analisa margin of safety tahun 2014 serta perencanaan laba untuk tahun 2015. Hasil penelitian ini menunjukkan analisis CVP dapat membantu UMKM Padepokan Suket Segoro untuk membuat keputusan pengeluaran biaya tetap dan biaya variabel. Untuk metode konvensional belum menerapkan biaya tetapnya sehingga labanya cenderung lebih banyak. Sedangkan analisis CVP telah mengklasifikasi antara biaya tetap dan biaya variabel. Perencanaan laba tahun 2015 adalah naik 15% dari tahun sebelumnya yaitu menjadi Rp 34.094.855. Oleh karena itu, UMKM Padepokan Suket Segoro harus menjual minimal 82.438 cup jelly atau sebesar Rp 103.313.543,103

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:47
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:47
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17632

      Actions (login required)

      View Item