UDiNus Repository

PENGUKURAN KINERJA PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KP-RI) KELUARGA RSU BLORA

NOVITA, ANGGRAENI RESTI (2015) PENGUKURAN KINERJA PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KP-RI) KELUARGA RSU BLORA. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (154Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Data keuangan KP-RI Keluarga RSU Blora periode 2009 sampai 2013 mengalami kenaikan dan penurunan yang fluktuatif. Koperasi belum memahami situasi industri perkoperasian terkini dan belum dapat mengetahui koperasi di masa depan dapat bertahan atau tidak dalam persaingan bisnis global. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja KP-RI Keluarga RSU Blora dilihat dari perspektif keuangan, perspektif keanggotaan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran periode 2009 sampai 2013. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Analisis data kualitatif menjelaskan mengenai gambaran umum responden yang digunakan dalam penelitian ini, dan hasil pengujian validitas dan reliabilitas instrumen yang digunakan dalam penelitian. Analisis data kuantitatif menganalisis kinerja manajemen koperasi menurut masing-masing perspektif dengan menggunakan perhitungan matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja perspektif keuangan dilihat dari rasio profitabilitas adalah berfluktuasi, ROA adalah berfluktuasi, dan Quick Ratio adalah stabil. Kinerja perspektif keanggotaan dilihat dari tingkat pertumbuhan anggota adalah berfluktuasi, tingkat kepuasan anggota terdiri dari kepuasan anggota terhadap pelayanan simpanan pada koperasi adalah puas, kepuasan anggota terhadap pelayanan kredit oleh koperasi adalah puas, dan kepuasan anggota terhadap kinerja manajemen koperasi adalah puas. Kinerja perspektif proses bisnis internal diukur dengan Service Cycle Efficiency (SCE) dari waktu realisasi kredit menunjukkan hasil yang efisien dan dari tingkat perkembangan jenis usaha menunjukkan hasil baik. Kinerja perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dilihat dari tingkat retensi karyawan adalah baik, tingkat produktivitas karyawan adalah berfluktuasi, dan tingkat kepuasan karyawan adalah puas.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:48
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:48
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17676

      Actions (login required)

      View Item