UDiNus Repository

PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk)(Studi kasus pada mahasiswa akuntansi Universitas Dian Nuswantoro dan Universitas STIKUBANK Semarang)

GALUH, CONDRORINI (2015) PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk)(Studi kasus pada mahasiswa akuntansi Universitas Dian Nuswantoro dan Universitas STIKUBANK Semarang). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    PPAk adalah pendidikan penunjang perguruan inggi untuk menjadi akuntan professional, yang harus dilakukan setelah menyelesaikan program S1 jurusan Akuntansi. PPAk dapat memberikan kontribusi untuk menjadi akuntan profesional. Penelitian ini bertujuan untuk memahami apa itu motivasi, seperti motivasi kualitas, motivasi karir, dan motivasi ekonomi berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti PPAk Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir (2009-2010) di Universitas Dian Nuswantoro dan Universitas Stikubank. Jumlah responden adalah 163 mahasiswa S1 jurusan Akuntansi. Dari jumlah responden, didapat 49 mahasiswa yang berminat mengikuti PPAk hanya mahasiswa angkatan akhir. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan metode pengumpulan data kuesioner. Teknik perhitungan dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh motivasi terhadap minat mahasiswa akuntansi mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk), hal ini dibuktikan dengan nilai Adjusted R square 0,142 dan sisanya 0,858 variabel lain yang tidak diamati. Tidak ada pengaruh motivasi kualitas terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti PPAk, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan a = 0,090<0,05. Ada pengaruh motivasi karir terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti PPAk, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan a = 0,013<0,05. Tidak ada pengaruh motivasi ekonomi terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti PPAk, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan a = 0,093<0,05. Tidak ada jawaban terhadap perbedaan minat mahasiswa yang tingkat akhir dengan mahasiswa tingkat awal untuk mengikuti PPAk.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 27 Nov 2015 11:48
    Last Modified: 27 Nov 2015 11:48
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17714

    Actions (login required)

    View Item