UDiNus Repository

Hubungan Antara Persepsi Kesesuaian Tarif Kapitasi dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan Kepuasan Kerja Dokter Praktik Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Kota Semarang Tahun 2014

TEGAR, KARYA BARRY (2015) Hubungan Antara Persepsi Kesesuaian Tarif Kapitasi dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan Kepuasan Kerja Dokter Praktik Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Kota Semarang Tahun 2014. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (251Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Salah satu fasilitas kesehatan tingkat primer dalam pelayanan berjenjang dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah praktek dokter. Sesuai dengan Permenkes No. 69 Tahun 2013 ditetapkan tarif kapitasi untuk Praktek Dokter adalah Rp. 10.000,-. Dari hasil survei awal melalui wawancara dengan 5 orang dokter praktik peserta BPJS Kesehatan yang dilaksanakan pada tanggal 14 sampai dengan 16 Mei 2014 didapatkan hasil 60 % responden masih merasa belum puas dengan tarif kapitasi yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan persepsi dokter tentang kesesuaian tarif kapitasi dalam program JKN dengan tingkat kepuasan kerja Dokter Praktik Peserta BPJS Kesehatan di Kota Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan cross sectional, dan teknik sampling proporsi random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket menggunakan instrumen berupa kuesioner. Uji statistik yang digunakan adalah uji Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 24,4 % dokter masih mempersepsikan tarif kapitasi yang ditetapkan kurang sesuai dan 48,8 % dokter merasa kurang puas dengan tarif kapitasi yang ditetapkan. Ada hubungan antara persepsi kesesuaian tarif kapitasi dalam program JKN dengan kepuasan kerja dokter praktik BPJS Kesehatan di Kota Semarang (p value = 0,000). Saran dari peneliti adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Semarang perlu melakukan evaluasi terhadap tarif kapitasi yang ditetapkan karena sesuai dengan temuan dalam penelitian ini yang menunjukkan bahwa masih ada dokter praktik BPJS Kesehatan yang merasa bahwa tarif kapitasi belum sesuai.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
      Divisions: Fakultas Kesehatan
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:54
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:54
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17757

      Actions (login required)

      View Item