OVANIA, OCTAVIANI (2016) METODE TIME MANAGEMENT TERHADAP WAKTU TUNGGU PASIEN DI BAGIAN LOKET PENDAFTARAN DI PUSKESMAS BANDARHARJO SEMARANG TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.
| PDF Download (4Kb) | Preview | |
| PDF Download (305Kb) | Preview | |
| PDF Download (104Kb) | Preview | |
| PDF Download (58Kb) | Preview | |
| PDF Download (82Kb) | Preview | |
| PDF Download (92Kb) | Preview | |
| PDF Download (150Kb) | Preview | |
| PDF Download (99Kb) | Preview | |
| PDF Download (282Kb) | Preview | |
| PDF Download (407Kb) | Preview | |
| PDF Download (211Kb) | Preview | |
| PDF Download (136Kb) | Preview |
Abstract
Loket pendaftaran di pelayanan kesehatan merupakan bagian yang memegang peranan penting dalam pelayanan kesehatan.Time Management (manajemen waktu) merupakan salah satu pendekatan yang penting dalam pencapaian suatu hasil.Puskesmas Bandarharjo dalam sehari dapat melayani pasien hingga 100 pasien lebih setiap harinya dan pelayanan pendaftaran tersebut hanya dilakukan oleh satu orang petugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat keberhasilan dari penerapan metode Time Mangement di bagian pendaftaran di Puskesmas Bandarharjo semarang Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian tindakan (Action Research) yang terbagi menjadi 4 tahap. Tahap yang pertama yaitu tahap reflecting, dimana pada tahap tersebut dilakukan identifikasi masalah di bagian loket pendaftaran dengan mengobservasi waktu tunggu pada 30 subjek penelitian (pasien) dan pada 1 subyek penelitian (petugas pendaftaran), tahap planning (perencanaan), tahap acting (tindakan) dan tahap yang keempat yaitu tahap observing (observasi), dimana dilakukan penilaian dari penerapan time management dan mekanisme kerja petugas yang baru dengan mengobservasi kembali waktu tunggu pada 15 informan cross check (pasien lama),kemudian di cross check pada 2 informan crosscheck (petugas BP dan petugas simpus).Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dan observasi waktu tunggu pasien serta menggunakan teknik tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan waktu tunggu pasien dan kecepatan pelayanan petugas pendaftaran pada waktu padat dan waktu tidak padat, pada waktu padat pasien harus menunggu untuk di panggil petugas selama 30 menit namun setelah dilakukan penerapan metode time management dan mekanisme kerja petugas pendaftaran yang baru di hasilkan bahwa rata – rata informan cross check merasakan adanya perubahan waktu tunggu yaitu waktu tunggu lebih singkat kurang lebih selama 15 menit. Perlu adanya konsistensi dari petugas pendaftaran dalam melakukan mekanisme kerja yang baru untuk melayani pendaftaran pasien, sehingga tidak terjadi waktu tunggu pasien yang lama.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Kesehatan |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 22 Mar 2016 14:30 |
Last Modified: | 22 Mar 2016 14:30 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17918 |
Actions (login required)
View Item |