UDiNus Repository

Pengaruh Penerimaan Retribusi Pelayanan Pasar dan Retribusi Pelayanan Parkir sebagai Sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Demak

YUNIATI, UDAH MAS (2016) Pengaruh Penerimaan Retribusi Pelayanan Pasar dan Retribusi Pelayanan Parkir sebagai Sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Demak. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meneliti (1) pengaruh penerimaan retribusi pelayanan pasar sebagai sumber PAD di Kabupaten Demak (2) pengaruh penerimaan retribusi pelayanan parkir sebagai sumber PAD di Kabupaten Demak. Penelitian ini menguji hubungan antara retribusi pelayanan pasar dan retribusi pelayanan parkir sebagai variabel independen dan PAD sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah uji regresi linier berganda. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah metode sensus. Sampel yang diambil adalah data laporan realisasi retribusi pelayanan pasar dan retribusi pelayanan parkir selama lima (5) tahun, yaitu periode 2010-2014. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa retribusi pelayanan parkir berpengaruh signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Nilai pendapatan retribusi pelayanan parkir yang tinggi berarti diikuti nilai penerimaan PAD yang tinggi, sebaliknya nilai pendapatan retribusi parkir yang rendah juga diikuti nilai penerimaan PAD yang rendah. Variabel pendapatan retribusi pelayanan parkir berfluktuasi terhadap penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Retribusi pelayanan pasar berpengaruh signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Retribusi pelayanan pasar terhadap penerimaan PAD disebabkan oleh semakin membaiknya kondisi perekonomian di Kabupaten Demak, terutama pada aktifitas perekonomian untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam masyarakat dan adanya kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas PKKD Kabupaten Demak kepada wajib pajak. Sehingga wajib pajak banyak yang mengetahui mengenai adanya peraturan mendirikan kios atau los di pasar.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:07
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:07
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17987

    Actions (login required)

    View Item