UDiNus Repository

Dampak Efektivitas Pengalihan Pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Kendal

DURROTUL, YATIMAH (2016) Dampak Efektivitas Pengalihan Pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Kendal. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Menurut Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) merupakan salah satu pajak yang dikelola oleh Pemerintah Daerah. Pemerintah Kabupaten Kendal mulai memberlakukan PBB P2 sebagai pajak daerah mulai tanggal 2 Januari 2014. Kabupaten Kendal merupakan salah satu Kabupaten yang ada di provinsi Jawa Tengah yang memiliki potensi pajak yang sangat besar. Sehingga peneliti menganggap dengan dialihkannya Pajak Bumi dan Bangunan sektor Perdesaan dan Perkotaan dari pusat ke daerah dapat mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dan kontribusi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Kendal tahun 2014. Teknik analisis yang digunakan dalam studi ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan perdesaan perkotaan tahun 2014 efektif dengan rata-rata diatas 100 persen, yaitu 97,31 persen. Kontribusi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan perdesaan perkotaan terhadap Pendapatan Asli Daerah menunjukkan hasil sangat kurang dengan rata-rata dibawah 50 persen, yaitu 7,84 persen. Berdasarkan hasil penelitian Tingkat efektivitas penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan dapat dikatakan efektif. Namun, hendaknya efektivitas penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan dapat dipertahankan dan lebih meningkatkan kontribusi dari penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan. Peningkatan tersebut dapat dilakukan dengan pendataan ulang Wajib Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan agar potensi-potensi baru dapat terdata dengan baik. Memberikan sosialisasi akan pentinganya membayar pajak, agar meningkatkan partisipasi masyarakat dalam hal pembayaran pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:07
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:07
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17989

    Actions (login required)

    View Item