EKA, HUTOMO PRASETYA (2016) Analisis Dampak NPM, ROE, ROA, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham Perusahaan Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.
| PDF Download (3843b) | Preview |
Abstract
Surat berharga yang seringkali diperdagangkan di pasar modal yaitu saham. Saham adalah surat bukti bahwa kepemilikan aset-aset yang menerbitkan saham. Salah satu hal yang menjadi fokus pertimbangan seorang investor adalah harga saham. Pengambilan keputusan investasi yang tepat diperlukan analisa laporan keuangan yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak Net Profit Margin (NPM), Return on Equity (ROE), Return on Asset (ROA), dan Ukuran Perusahaan (Firm Size) terhadap harga saham perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2014 berjumlah 142 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 111 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah Analasis Regresi Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan NPM, ROE, ROA, dan Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial ROA dan Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap harga saham, sedangkan NPM dan ROE secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi Ilmu Sosial > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 22 Mar 2016 15:07 |
Last Modified: | 22 Mar 2016 15:07 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18020 |
Actions (login required)
View Item |