UDiNus Repository

Analisis Perbedaan Komitmen Profesional dan Sosialisasi Antisipatif Mahasiswa UDINUS dan UNIKA Soegijapranata pada Hubungannya dengan Whistleblowing

KUKUH, SETIYAWAN (2016) Analisis Perbedaan Komitmen Profesional dan Sosialisasi Antisipatif Mahasiswa UDINUS dan UNIKA Soegijapranata pada Hubungannya dengan Whistleblowing. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3880b) | Preview

    Abstract

    Sebagian orang menganggap kejujuran merupakan suatu hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Banyak faktor yang mempengaruhi seseorang untuk tidak mengutamakan kejujuran. Salah satu faktornya adalah faktor ekonomi dan kebutuhan hidup yang semakin mahal. Untuk dapat mengutamakan kejujuran dalam pekerjaan, seseorang harus memiliki komitmen profesional yang tinggi. Selain itu harus diberikan sosialisasi antisipatif, untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan. Penelitian ini akan dilakukan pada dua universitas yaitu UDINUS dan UNIKA Soegijapranata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh komitmen profesional dan sosialisasi antisipatif terhadap whistleblowing. Selain itu akan dilakukan perbandingan mengenai persepsi mahasiswa kedua universitas mengenai komitmen profesional, sosialisasi antisipatif, persepsi whistleblowing dan whistleblowing intention. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah regresi dan uji beda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komitmen profesional berpengaruh terhadap whistleblowing. Tetapi pada variabel sosialisasi antisipatif tidak berpengaruh terhadap whistleblowing. Pada pengujian uji beda, didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan komitmen profesional antara UDINUS dan UNIKA Soegijapranata. Tetapi pada variabel sosialisasi antisipatif, persepsi whistleblowing dan whistleblowing intention tidak terdapat perbedaan pada kedua universitas.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:07
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:07
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18032

    Actions (login required)

    View Item