UDiNus Repository

Analisis Penetapan Harga Pokok Produksi Sebagai Dasar Penetapan Harga Jual Produk (Studi Kasus pada Via Kencana Meubel Semarang)

ARI, RADITYARINI (2016) Analisis Penetapan Harga Pokok Produksi Sebagai Dasar Penetapan Harga Jual Produk (Studi Kasus pada Via Kencana Meubel Semarang). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3856b) | Preview

    Abstract

    Perhitungan harga pokok produksi penting untuk perusahaan, karena berpengaruh dalam menentukan harga jual produk yang akurat. Penelitian ini dilakukan di Via Kencana Meubel Semarang, usaha yang bergerak di bidang produksi meubel dan berlokasi di Jalan Wologito Tengah IV No. 25 Semarang. Produk yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah almari 3 pintu, karena produk ini diminati oleh konsumen dan memiliki harga jual yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana perhitungan harga pokok produksi yang diterapkan perusahaan, yang menggunakan metode full costing dan perbedaan kedua perhitungan metode tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perhitungan harga pokok produksi dan harga jual berdasarkan metode perusahaan dan metode full costing. Perhitungan menggunakan metode full costing menghasilkan harga jual lebih tinggi dibandingkan metode perusahaan. Perbedaan ini dikarenakan dalam metode full costing memasukkan semua unsur biaya seperti biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik. Jadi, sebaiknya dalam menghitung harga pokok produksi sebagai dasar penetapan harga jual menggunakan metode full costing, sehingga harga jual yang dihasilkan tepat dan akurat.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:08
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:08
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18049

    Actions (login required)

    View Item