UDiNus Repository

PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNG JAWABAN SOSIAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2014

ZULFAH, (2016) PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNG JAWABAN SOSIAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2014. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh Dewan Komisaris, Profitabilitas, Leverage terhadap Akuntansi Pertanggung Jawaban Sosial. Pengukuran akuntansi pertanggung jawaban sosial perusahaan didasarkan Corporate Social Responsibility Index(CSRI) yang dilihat dari laporan tahunan perusahaan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2012-2014. Total sampel penelitian adalah 114 perusahaan dalam 3(tiga) tahun yang diambil melalui teknik purposive sampling.Hasil penelitian menunjukkan pada tahun 2012 total pengungkapan CSR sebanyak 150 pengungkapan,tahun 2013 sebanyak 198 dan tahun 2014sebanyak 185 pengungkapan. Ini berati bahwa, dapat diketahui terjadi peningkatan dan penurunan pada jumlah pengungkapan CSRdari tahun 2012 sampai 2014. Metode pengujian penelitian ini melalui analisis regresi linear berganda dengan bantuan progam SPSS 17.0. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda diketahui bahwa variable Dewan Komisaris (DK) dan Profitabilitas (ROA) secara simultan mempengaruhi pengungkapan akuntansi pertanggung jawabansocial pada perusahaan di Indonesia. Secara parsial, hanya variable leverage yang tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan akuntansi pertanggung jawaban sosial di Indonesia. Untuk melakukan tanggung jawab sosial, perusahaan tidak tergantung pada tingkat karakterisik perusahaan tetapi tergantung kepada tingkat kepekaan perusahaan terhadap kepedulian sosial dan tanggung jawabnya terhadap lingkungan.Untuk perusahaan manufaktur yang belum mengungkapkan akuntansi pertanggung jawaban dapat dengan segera mengungkapkannya, karena terbukti bahwa dengan pengungkapan akuntansi pertanggung jawaban sosial memberi value positif pada perusahaan yang mengungkapkan kepedulian sosial yang berdampak pada profitabilitas yang tinggi. Karena semakin tinggi pengungkapan akuntansi pertanggung jawaban sosial memberikan investor tertarik untuk berinvestasi.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:08
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:08
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18114

    Actions (login required)

    View Item