UDiNus Repository

MARKET BASKET ANALYSIS UNTUK PERBAIKAN TATA LETAK PRODUK PADA SWALAYAN NN

SANIS, RISMAWATI (2016) MARKET BASKET ANALYSIS UNTUK PERBAIKAN TATA LETAK PRODUK PADA SWALAYAN NN. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3457b) | Preview

    Abstract

    Banyaknya persaingan dalam usaha ritel, menuntut pihak Swalayan NN untuk memperbaiki strategi bisnis. Adanya masalah seperti kurang tepatnya penataan letak mengakibatkan sulitnya akses untuk menemukan produk dan pendapatan yang kurang optimal. Untuk mengoptimalkan pendapatan dan kemudahan akses produk, pihak swalayan memilih strategi bisnis yaitu melakukan perbaikan tata letak produk dan tata letak departemen. Perbaikan letak produk dilakukan dengan menganalisis pola belanja konsumen berdasarkan data transaksi pada database penjualan. Analisa pola belanja (Market Basket Analysis) pada penelitian ini menggunakan algoritma Apriori dengan minimal support 5% dan confidence 50%. Hasil dari penelitian ini berupa informasi mengenai rekomendasi tata letak produk dan rekomendasi tata letak departemen berdasarkan analysis data transaksi penjualan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Mar 2016 15:15
    Last Modified: 22 Mar 2016 15:15
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18221

    Actions (login required)

    View Item