UDiNus Repository

Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Tentang Melestarikan Belimbing Demak Bagi Masyarakat Demak

BARRON, MUCHARRORON (2016) Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Tentang Melestarikan Belimbing Demak Bagi Masyarakat Demak. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Belimbing Demak adalah komoditas yang pernah menjadi unggulan kabupaten pada masa lalu. Sayangnya pada saat ini, setiap tahun mengalami penurunan sehingga menyebabkan kelangkaan. Usaha untuk melestarikan Belimbing Demak, pemerintah kabupaten melakukan beberapa kegiatan, antara lain adalah pembagian bibit gratis dan lomba buah unggulan tingkat kabupaten. Meski demikian, hasilnya kurang maksimal karena setiap tahunnya komoditas belimbing Demak tetap menurun. Perancangan ILM yang dilakukan ini berangkat dari permasalahan tersebut. Tujuannya adalah untuk menghasilkan sebuah himbauan kepada masyarakat Demak terutama para petani untuk melestarikan belimbing Demak yang merupakan ikon kabupaten Demak. Harapannya dapat membantu pemerintah dalam mengajak masyarakat dan petani Demak menyadari kembali bahwa belimbing Demak merupakan kekayaan kabupaten. Proses perancangan iklan layanan masyarakat ini melalui tahapan; perumusan masalah, pengumpulan dan identifikasi data, analisis data, konsep perancangan dan strategi kreatif, dan terakhir visualisasi. Data dikumpulkan melalui wawancara kepada pihak pemerintah, swasta, dan petani dari beberapa desa. Media yang digunakan dalam ILM ini adalah media Above the Line (ATL) meliputi Baliho dan Iklan Display surat kabar, dan media Below The Line (BTL) meliputi poster, brosur, kaos, stiker dan sosial media.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 13:21
    Last Modified: 22 Sep 2016 13:21
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/18892

    Actions (login required)

    View Item