PHUNKY, TAMARA WIDYA (2016) Penentuan Desain Tata Letak Penataan Produk Berdasarkan Market Basket Analysis dengan Menggunakan Algoritma Apriori di Minimarket Alfamart Cabang Patimura Ungaran. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Minimarket merupakan tujuan belanja cepat yang sangat diminati oleh masyarakat saat ini. Aksesnya yang mudah dan keefektifan belanja di minimarket menjadi kelebihan yang dimiliki oleh banyak minimarket, akan tetapi tidak munutup kemungkinan proses belanja di minimarket memakan waktu yang cukup lama hanya karena penataan letak barang yang harusnya berdekatan, diletakkan secara berjauhan. Laporan tugas akhir ini akan membahas tentang tata letak penataan barang dalam minimarket yang akan memudahkan pelanggan untuk berbelanja, denah yang nantinya direkomendasikan sendiri akan di analisa menggunakan Market Basket Analysis yang lebih menonjolkan buying habits pembeli. Menggunakan data transaksi real yang didapat dari salah satu minimarket yang ada yaitu alfamart cabang patimura ungaran, perhitungan yang dilakukan untuk mendapatkan aturan asosiasi, menggunakan algoritma apriori, serta penggunaan matlab untuk pengotomatisasian perhitungan apriori, sehingga proses pembuatan desain tata letak produk dapat berjalan secara tepat. Dari laporan tugas akhir ini dihasilkan sebuah denah rekomendasi yang diharapkan dapat mempermudah proses belanja pembeli.
Actions (login required)