DEDI, WIBOWO YANTO (2016) PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG ETIKA BERLALU LINTAS UNTUK MENGURANGI JUMLAH KECELAKAAN DI SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Karena tingkat kapadatan kendaraan dijalan, yang tidak sebanding dengan luasnya jalan, akhirnya menimbulkan permasalahan baru seperti kemacetan, berkendara dengan ugal-ugalan, dan lain sebagainya. sehingga dapat mengakibatkan hilangnya kesadaran etika berlalu lintas yang bisa berdampak pada jatuhnya korban jiwa dalam sebuah kecelakaan. Dengan ini diperlukan suatu kampanye yang dapat menyadarkan masyarakat tentang pentingnya mematuhi etika berlalu lintas saat berkendara. Kampanye berupa Iklan Layanan Masyarakat yang memiliki unsur kebaruan, supaya masyarakat tidak jenuh dengan kampanye etika berlalu lintas yang sudah lazim dan banyak dilihat sebelum-sebelumnya. Unsur kebaruan yang diangkat yaitu dengan duta safety driving dan mobil branding. Duta safety driving akan berkendara dijalan-jalan utama dan yang betujuan sabagai contoh atau panutan bagi pengendara lain bagaimana berkendara dengan benar dengan mentaati peraturan lalu lintas dan etika berkendara. Selain itu media pendukung lainnya yaitu maskot, polo shirt, gantungan kunci, stiker, umbul-umbul, photobooth, cover safety belt dan bantal sandaran. Dengan adanya kampanye iklan layanan masyarakat tentang etika berlalu lintas dan menggunakan media-media tesebut diatas diharapkan mampu merubah perilaku pengendara yang selama ini salah menjadi benar, menjadi lebih taat kepada peraturan lalu lintas sehingga dapat mengurangi jumlah kecelakaan yang berada dikota Semarang.
Actions (login required)