SUMARNI, INA TAMU (2016) TINJAUAN ALUR PROSEDUR PELAYANAN DI TPPRJ RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KRT SETJONEGORO WONOSOBO TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.
| PDF Download (4Kb) | Preview | |
| PDF Download (309Kb) | Preview | |
| PDF Download (99Kb) | Preview | |
| PDF Download (14Kb) | Preview | |
| PDF Download (262Kb) | Preview | |
| PDF Download (258Kb) | Preview | |
| PDF Download (513Kb) | Preview | |
| PDF Download (409Kb) | Preview | |
| PDF Download (227Kb) | Preview | |
| PDF Download (249Kb) | Preview | |
| PDF Download (113Kb) | Preview | |
| PDF Download (95Kb) | Preview | |
| PDF Download (88Kb) | Preview |
Abstract
ABSTRAK: Alur prosedur pelayanan di rumah sakit adalah tata cara yang merupakan pedoman yang dapat memberi acuan pola kerja terarah. Adanya prosedur merupakan salah satu bentuk peningkatan mutu pelayanan dan pencapaian nilai akreditasi rumah sakit.Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pelaksanaan alur prosedur pelayanan di TPPRJ RSUD KRT Setjonegoro Wonosobo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Metode penelitian yaitu observasi dan wawancara dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian adalah 9 petugas pendaftaran, objek penelitian adalah alur prosedur pelayanan di TPPRJ. Data dianalisis secara deskriptif dan dibandingkan dengan teori. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 9 petugas pendaftaran pasien rawat jalan yang melaksanakan pendaftaran pasien dengan berpedoman pada standar operasional prosedur dan kebijakan di TPPRJ. Dari faktor man menunjukkan tidak ada yang berpendidikan DIII RMIK, faktor materialmenunjukkan area kerja petugas TPPRJ yang sempit dan mengurangi ruang gerak. Faktor methodemenunjukkan petugas pendaftaran telah melaksanakan pelayanan sesuai standar operasional prosedur, faktor machinemenunjukkan sarana yang sering kali rusak seperti komputer, alat pencetak label, dan tidak adanya penggunaan KIUP secara manual. Saran bagi RSUD KRT Setjonegoro Wonosobo adalah peningkatkan kualitas pelayanan di TPPRJ dengan mensosialisasikan isi kebijakan dan prosedur tetap ke seluruh petugas rekam medis, pengadaan KIUP manual sehingga mempercepat pelayanan ketika KIUP elektronik tidak bisa dioperasikan, dilakukan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan petugas, adanya penyegaran atau refresing untuk setiap karyawan, adanya perawatan terhadap sarana kerja, perluasan ruang TPPRJ dan penataan ruang yang baik agar nyaman ditempati. Kata Kunci : TPPRJ, Alur Prosedur, Pendaftaran
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Kesehatan |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 22 Sep 2016 14:52 |
Last Modified: | 22 Sep 2016 14:52 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/20300 |
Actions (login required)
View Item |