NURULFIA, KHORY (2016) FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KONSUMSI MAKANAN KEMASAN PADA MAHASISWA FAKULTAS KESEHATAN UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO KOTA SEMARANG TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.
| PDF Download (5Kb) | Preview |
Abstract
PROGRAM STUDI S1 KESEHATAN MASYARAKAT FAKULTAS KESEHATAN UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG 2016 ABSTRAK NURULFIA KHORY FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KONSUMSI MAKANAN KEMASAN PADA MAHASISWA FAKULTAS KESEHATAN UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO KOTA SEMARANG TAHUN 2016 xx + 109 Hal + 33 Tabel + 2 Gambar + 6 Lampiran Makanan kemasan banyak dikonsumsi oleh masyarakat tak terkecuali oleh mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran konsumsi makanan kemasan dan sejauh mana mahasiswa Fakultas Kesehatan mempunyai perilaku membaca label produk makanan sebagai salah satu wujud perilaku preventif dan promotif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan konsumsi makanan kemasan pada mahasiswa Fakultas Kesehatan UDINUS Semarang tahun 2016. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan desain cross sectional. Data hasil penelitian diolah dan dianalisis dengan menggunakan uji statistik Chi Square dan Rank Spearman. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa Fakultas Kesehatan UDINUS sebanyak 120 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar konsumsi makanan kemasan responden cukup baik (71,7%), sebagian besar responden (63,3%) suka mengkonsumsi makanan kemasan dengan jenis biskuit (42,5%), chiki/keripik/snack ringan (41,7%). Usia responden berkisar antara 17-25 tahun dengan jenis kelamin laki-laki (30%) perempuan (70%). Uang saku rata-rata responden dalam seminggu Rp25.000-Rp61.050 (41,7%). Sebanyak 67,5% responden memiliki alasan pemilihan makanan kemasan cukup baik. Kebiasaan makan keluarga responden cukup baik (58,3%), keluarga jarang mengkonsumsi makanan kemasan dirumah (75,8%). Pengaruh teman sebaya cukup baik (42,5%), teman jarang mengajak mengkonsumsi makanan kemasan (37,5%). Pengaruh paparan media/iklan makanan kemasan terhadap konsumsi makanan responden tinggi (30,8%) melalui media televisi (58,3%). Tingkat pemahaman label informasi nilai gizi responden mayoritas kurang (35,8%). Hasil uji statistik menunjukkan, variabel yang berhubungan dengan konsumsi makanan kemasan pada mahasiswa FKM UDINUS adalah kebiasaan makan keluarga (p value= 0,001), pengaruh teman sebaya (p value= 0,001) dan paparan media/iklan (p value= 0,003). Saran, diperlukan evaluasi terkait pemahaman materi label informasi nilai gizi makanan kemasan dan peningkatan kewaspadaan dari mahasiswa Fakultas Kesehatan UDINUS agar tidak mudah terpengaruh paparan media iklan untuk mengkonsumsi makanan kemasan. Kata kunci : Konsumsi makanan, Makanan kemasan, Health Literacy. Kepustakaan : 56, 1989-2015
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Kesehatan |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 22 Sep 2016 14:53 |
Last Modified: | 22 Sep 2016 14:53 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/20335 |
Actions (login required)
View Item |