UDiNus Repository

PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA GUNA MEMAKSIMALKAN KUALITAS PRODUK WOOD FLOORING SOLID DI PT JATI LUHUR AGUNG

SABTA, NUGRAHA ARYA (2017) PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA GUNA MEMAKSIMALKAN KUALITAS PRODUK WOOD FLOORING SOLID DI PT JATI LUHUR AGUNG. Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    PT. Jati Luhur Agung merupakan perusahaan yang membuat wood flooring. PT. Jati Luhur Agung sering sekali terdapat kecacatan produk yang melebihi standart yang sudah di tentukan oleh perusahaan. Rata rata kecacatan produk wood flooring solid pada bulan September 2014 sampai bulan Agustus 2015 adalah 2.6 % dan bulan September 2015 sampai bulan Agustus 2016 memiliki prosentase naik sebesar 2.10% dan dikhawatirkan akan naik pada tahun berikutnya dari total produksi wood flooring solid sebesar 3.192.627. Hal ini menunjukan bahwa kecacatan produk wood flooring solid masih melebihi standar perusahaan sebesar 2 %. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor faktor apa saja yang menyebabkan cacat produk dengan menggunakan pendekatan six sigma. Langkah kerja six sigma menggunakan metode DMAIC yaitu Define untuk mengetahui jenis cacat produk wood flooring solid, Measure mengumpulkan data terhadap nilai DPMO dengan peta pengendali proporsi, Analyze untuk mengidentifikasi sumber masalah kualitas dengan diagram pareto dan diagram fishbone, dan Improve dengan menggunakan metode 5W-1H. Berdasarkan analisa pengendalian dengan menggunakan six sigma maka didapatkan faktor-faktor yang menyebabkan cacat produk yaitu manusia, mesin, material, metode, dan nilai DPMO sebesar 6.935 dapat diinterprestasikan bahwa dari 1.000.000 kesempatan yang ada akan terdapat 6.935 kemungkinan bahwa proses produksi itu tidak mampu memenuhi toleransi yang ditetapkan perusahaan. Dengan nilai DPMO sebesar itu maka perusahaan saat ini telah mencapai nilai sigma 3.96 (4 sigma).

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
    T Technology > Teknik Industri
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:04
    Last Modified: 04 May 2017 15:04
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21369

    Actions (login required)

    View Item