UDiNus Repository

TINJAUAN KELENGKAPAN DOKUMEN REKAM MEDIS PASIEN RAWAT INAP PESERTA BPJS PADA KASUS BEDAH DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG PERIODE BULAN MEI TAHUN 2016

ROFI', RIZKI ANA (2017) TINJAUAN KELENGKAPAN DOKUMEN REKAM MEDIS PASIEN RAWAT INAP PESERTA BPJS PADA KASUS BEDAH DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG PERIODE BULAN MEI TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Rekam Medis adalah dokumen legal yang di dalamnya berisikan identitas pasien, diagnosis, terapi, pemeriksaan, pengobatan dan semua pelayanan yang telah diberikan kepada pasien. Rekam Medis merupakan formulir yang harus diisi lengkap dari item identifikasi, autentifikasi, laporan penting dan pendokumentasian. Dokumen Rekam Medis dapat digunakan untuk mengetahui dan mengukur kualitas mutu pelayanan pada rumah sakit. Kualitas mutu pelayanan rumah sakit ditentukan dengan analisis pada kuantitatif dan kualitatif DRM menggunakan pendekatan Quality Assurance. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui / mendeskripsikan / mengidentifikasi tentang kelengkapan Dokumen Rekam Medis Pasien Rawat Inap Peserta BPJS pada kasus bedah di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Periode Bulan Mei Tahun 2016. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Pengambilan data dengan cara observasi dan wawancara dengan pendekatan Retrospective. Sampel penelitian berjumlah 71 dokumen rekam medis rawat inap Peserta BPJS pada Kasus Bedah di RSI Sultan Agung Semarang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah daftar check list penelitian, pedoman wawancara, dan DRM RI yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian pada 71 dokumen rekam medis rawat inap. Hasil analisis kuantitatif pada dokumen rekam medis rawat inap menunjukkan bahwa 30,98% dokumen lengkap dan 69,02% dokumen tidak lengkap. Hasil analisis kualitatif menunjukkan 100 % dokumen rekam medis rawat inap lengkap. Deliquent medical record (DMR) adalah 84,51%. Berdasarkan hasil tersebut, komunikasi antara dokter, perawat, paramedis, dan perekam medis, profesi terkait perlu ditingkatkan. Kesadaran dan tanggung jawab dalam melengkapi pengisian dan pencatatan Dokumen Rekam Medis Rawat Inap Peserta BPJS Kasus Bedah perlu ditingkatkan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:12
    Last Modified: 04 May 2017 15:12
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21455

    Actions (login required)

    View Item