UDiNus Repository

Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Duplikasi Nomor Rekam Medis di Bagian Pendaftaran Rawat Jalan RS Bhayangkara Semarang Periode Tahun 2016

ADITYA, PRADANA ARI (2017) Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Duplikasi Nomor Rekam Medis di Bagian Pendaftaran Rawat Jalan RS Bhayangkara Semarang Periode Tahun 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Berdasarkan survei awal, dari 20 dokumen rekam medis (DRM) Rumah Sakit Bhayangkara Semarang, terdapat 9 DRM yang terduplikasi nomor rekam medisnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab duplikasi nomor rekam medis di bagian pendaftaran rawat jalan Rumah Sakit Bhayangkara Semarang Tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data melalui observasi terhadap Standar Prosedur Operasional, sarana, sistem penamaan, Sistem penomoran rekam medis dan wawancara kepada kepala rekam medis dan petugas pendaftaran rawat jalan. Berdasarkan hasil penelitian, sebagian besar petugas pendaftaran berumur 21-30 tahun (80%), pendidikan terakhir D3 RMIK (80%), dan masa kerja petugas pendaftaran 0-5 tahun (60%). Prosentase petugas yang tidak mengetahui tentang adanya prosedur tetap (40%), sarana (20%), dan sistem pemberian nomor (20%). Belum terdapat prosedur tetap mengenai pemberian nomor dan sistem penamaan rekam medis sehingga data pasien lama yang pernah mendaftar tidak ditemukan, data tersebut meliputi nama dan alamat pasien dan nomor rekam medis. Data nama dan alamat merupakan identitas pribadi pasien selain nomor rekam medis yang dapat digunakan untuk membedakan seorang pasien dengan pasien lainya. Rumah sakit perlu melakukan sosialisasi tentang prosedur tetap sistem penomoran dan penamaan rekam medis. Sistem penjajaran di bagian rawat inap sebaiknya diganti dengan sistem penjajaran Terminal Digit Filing. Kata Kunci : Duplikasi nomor, Pendaftaran Rawat Jalan, Prosedur Tetap, Sistem penomoran, Sistem penamaan. kepustakaan : 19 (1984 – 2015) Kata Kunci : Duplikasi nomor, Pendaftaran Rawat Jalan, Prosedur Tetap, Sistem penomoran, Sistem penamaan. kepustakaan : 18 (1984 – 2015)

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:12
    Last Modified: 04 May 2017 15:12
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21458

    Actions (login required)

    View Item