UDiNus Repository

Analisis Faktor – Faktor Kendala Pelaksanaan Retensi DRM Nonaktif Oleh Petugas Filing Rawat Inap RSI Sultan Agung Semarang Tahun 2017.

ADY, UTOMO (2017) Analisis Faktor – Faktor Kendala Pelaksanaan Retensi DRM Nonaktif Oleh Petugas Filing Rawat Inap RSI Sultan Agung Semarang Tahun 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (5Kb) | Preview

    Abstract

    Program Studi D-III Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro Semarang 2017 ABSTRAK ADY UTOMO ANALISIS PENGETAHUAN DAN SIKAP PETUGAS FILING DALAM PELAKSANAAN RETENSI DRM NON AKTIF FILING RSI SULTAN AGUNG SEMARANG TAHUN 2017 Retensi atau pemusnahan adalah pemindahan dokumen rekam medis yang aktif ke inaktif dan nonaktif untuk mengurangi jumlah dokumen rekam medis yang ada di rak filing. Berdasarkan survei awal di RSI Sultan Agung Semarang menunjukan adanya penumpukan dokumen rekam medis yang banyak yang tidak mungkin disimpan pada rak filing. Rumah sakit melakukan retensi terakhir pada tahun 2008 dan belum semua petugas filing mengetahui tata cara pelaksanaan retensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengetahuan dan sikap petugas filing dalam pelaksanaan retensi DRM nonaktif di RSI Sultan Agung Semarang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Variabel yang digunakan yaitu karakteristik petugas filing, sikap petugas filing, pengetahuan petugas filing, SOP retensi DRM, Pelaksanaan retensi DRM. Metode pengambilan data menggunakan wawncara dan observasi. Subjek penelitian ini adalah pelaksanaan retensi DRM nonaktif, sedangkan objek adalah 3 petugas filing. Pengolahan data menggunakan editing dan tabulasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Analisis data yang diperoleh secara deskriptif yaitu menggambarkan hasil wawancara dan observasi secara langsung. Hasil penelitian di RSI Sultan Agung Semarang, karakteristik petugas filing belum sesuai dengan prosedur tetap. Petugas filing belum mengetahui tata cara pelaksanaan retensi. SOP belum sesuai dengan protap. Sikap Petugas filing menanggapi retensi dengan sikap terbuka dan mau belajar tentang tata cara pelaksanaan retensi dengan baik dan benar. Pelaksanaan retensi belum terjadwal karena tidak adanya jadwal retensi arsip (JRA). Saran peneliti bagi RSI Sultan Agung Semarang sebaiknya mengadakan pelatihan bimbingan teknis dan pendidikan tentang pengelolaan dokumen rekam medis dan pelaksanaan retensi kepada petugas filing. Memperbaiki SOP yang ada sesuai prosedur tetap, membuat jadwal retensi arsip (JRA) dan melaksanakan retensi karena sudah banyak penumpukan DRM di rak filing yang siap diretensi. Kata kunci : Retensi, JRA, Tracer, KIUP, Indeks penyakit Kepustakaan : 21 (1994 – 2017)

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:13
    Last Modified: 04 May 2017 15:13
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21477

    Actions (login required)

    View Item