UDiNus Repository

IMPLIKATUR PERCAKAPAN YANG MENIMBULKAN EFEK HUMOR KEPADA PENONTON DALAM ACARA KOMEDI JEPANG SHIMURA KEN SERI ROKU NIN NO OKUSAN

MUHAIMIN, (2017) IMPLIKATUR PERCAKAPAN YANG MENIMBULKAN EFEK HUMOR KEPADA PENONTON DALAM ACARA KOMEDI JEPANG SHIMURA KEN SERI ROKU NIN NO OKUSAN. Skripsi,Fakultas Ilmu Budaya.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Muhaimin. 2017. Implikatur Percakapan Yang Menimbulkan Efek Humor Kepada Penonton Dalam Acara Komedi Jepang Shimura Ken Seri Rokunin No Okusan. Program Studi Sastra Jepang, Universitas Dian Nuswntoro. Pembimbing: Akhmad Saifudin Kata kunci: Tindak Tutur, Prinsip kerjasama, Implikatur, Humor Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implikatur percakapan yang timbul akibat terjadinya pelanggaran Prinsip Kerjasama Grice kemudian, menjelaskan mengapa implikatur percakapan dapat menimbulkan efek humor. Data penelitian ini adalah seluruh tuturan tokoh dalam komedi Jepang shimura ken seri rokunin no okusan yang terdapat implikatur percakapan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan Pragmatik. Dalam data tersebut terdapat Pelanggaran 4 maksim pada prinsip kerja sama Grice yaitu 1 pelanggaran maksim kuantitas, 2 pelanggaran maksim kualitas, 3 pelanggaran maksim relevansi dan 6 pelanggaran maksim cara, dan terdapat implikatur percakapan yaitu: Permintaan maaf, ancaman, penyangkalan, mengejek, menegur, menegaskan sesuatu, memerintah, mengalihkan pembicaraan, menakut-nakuti, mempengaruhi, dan penolakan. Implikatur percakapan yang dapat menimbulkan efek humor kepada penonton adalah: (1) Implikatur yang merupakan gambaran situasi yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang dibayangkan sebelumnya atau sesuatu yang kontras. (2) implikatur yang ada berpotensi, melemahkan, menganiaya, menyusahkan, Memojokkan baik penutur atau mitra tutur itu sendiri (3) Implikatur yang ada merupakan gambaran kondisi yang tidak diinginkan, penolakan, ketidaksetujuan, keterpaksaan, kemarahan dan perlawanan. Implikatur digunakan sebagai sarana penunjang terciptanya humor oleh penutur kepada mitra tutur (penonton) yang ditandai dengan tawa penonton, sehingga tujuan dari acara yang bertemakan tentang humor dapat tersampaikan yaitu sebagai hiburan bagi masyarakat.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Jepang
    Z Literatur, Sastra > Bahasa Jepang
    Divisions: Fakultas Ilmu Budaya
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:18
    Last Modified: 04 May 2017 15:18
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21521

    Actions (login required)

    View Item