UDiNus Repository

Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Sanksi Administrasi, dan Pemahaman Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Tengah Satu)

BELLA, NOVIANTI CALISTA (2017) Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Sanksi Administrasi, dan Pemahaman Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Tengah Satu). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3701b) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji: (1) Pengaruh sosialisasi perpajakan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi, (2) Pengaruh sanksi administrasi terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi, dan (3) Pengaruh pemahaman Wajib Pajak terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar pada KPP Pratama Semarang Tengah Satu sebanyak 8.481 Wajib Pajak. Teknik sampling yang digunakan ialah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ditentukan dengan menggunakan rumus slovin sebanyak 100 responden yaitu Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar pada KPP Pratama Semarang Tengah Satu. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji kualitas data, regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sosialisasi perpajakan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi, (2) sanksi administrasi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi, dan (3) pemahaman Wajib Pajak secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:24
    Last Modified: 04 May 2017 15:24
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21644

    Actions (login required)

    View Item