UDiNus Repository

Pengaruh Kesadaran, Persepsi Tentang Sanksi, dan Hasrat Membayar Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar di KPP Pratama Semarang Barat)

DIAN, PURNAMASARI (2017) Pengaruh Kesadaran, Persepsi Tentang Sanksi, dan Hasrat Membayar Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar di KPP Pratama Semarang Barat). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3948b) | Preview

    Abstract

    Dominasi pajak sebagai sumber penerimaan merupakan satu hal yang sangat wajar, sumber penerimaan ini mempunyai umur tidak terbatas, terlebih dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk yang mengalami peningkatan setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji : 1) Pengaruh kesadaran perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak, 2) Pengaruh sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak, dan 3) Pengaruh hasrat membayar pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Semarang Barat. Berdasarkan data dari KPP Pratama Semarang Barat tahun 2016 terdapat 83.816 wajib pajak orang pribadi. Dari hasil perhitungan rumus slovin, didapatkan sampel sebanyak 100 orang. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda yang didalamnya terdapat uji kualitas data (validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), uji regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t dan uji f), dan uji koefisien determinasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa 1) Kesadaran perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak, 2) Sanksi perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, dan 3) Hasrat membayar pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Semarang Barat.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:27
    Last Modified: 04 May 2017 15:27
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21704

    Actions (login required)

    View Item