UDiNus Repository

Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) terhadap Corporate Financial Performance dari sisi Rasio Profitabilitas

VONNY, MEYLINASARI (2017) Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) terhadap Corporate Financial Performance dari sisi Rasio Profitabilitas. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3864b) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk menguji hubungan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan terhadap kinerja dengan proksi Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM). Salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan adalah dengan melaksanakan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi laporan keuangan dan laporan tahunan yang dikeluarkan perusahaan. Semua perusahaan manufaktur yang terdapat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012- 2014 merupakan populasi dari penelitian ini. Metode pengambilan sampel dengan purposive sampling yang mengumpulkan hasil total sampel sebanyak 471 perusahaan selama 3 tahun dengan jumlah 153 perusahaan sebagai sampel akhir. Analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dengan analisis regresi linier sederhana yang diawali dengan uji asumsi klasik. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), dan Net Profit Margin (NPM). Jadi, dengan Perusahaan mengungkapkan Tanggung Jawab Sosialnya dapat mempengaruhi dan meningkatkan profitabilitas perusahaan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:27
    Last Modified: 04 May 2017 15:27
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21724

    Actions (login required)

    View Item