UDiNus Repository

Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Profitabilitas dan Rasio Solvabilitas terhadap Tingkat Return Saham Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014)

KARINA, WINDHAYU SEKAR (2017) Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Profitabilitas dan Rasio Solvabilitas terhadap Tingkat Return Saham Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh rasio likuiditas, rasio profitabilitas, dan rasio solvabilitas yang masing-masing diproksikan secara berurutan dengan current ratio, net profit margin, dan debt to equity ratio terhadap tingkat return saham perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode tahun 2012-2014. Objek penelitian ini adalah seluruh perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014, dan aktif menerbitkan laporan keuangan serta secara konsisten memperoleh laba positif selama tahun pengamatan. Teknik pemilihan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan pada karakteristik tertentu. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, diperoleh jumlah sampel sebanyak 15 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Indonesian Stock Exchange (IDX). Alat analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, yang meliputi: uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi, dengan menggunakan metode analisis data yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini memberikan hasil bahwa rasio likuiditas, rasio profitabilitas, dan rasio solvabilitas berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat return saham. Secara simultan menunjukkan bahwa rasio keuangan berpengaruh positif terhadap tingkat return saham pada perusahaan property dan real estate.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:28
    Last Modified: 04 May 2017 15:28
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21732

    Actions (login required)

    View Item