UDiNus Repository

ANALISIS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMPEG) E-GAJI MENGGUNAKAN COBIT 5 PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH

NAFISATUL, AENI (2016) ANALISIS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMPEG) E-GAJI MENGGUNAKAN COBIT 5 PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    BKD Provinsi Jawa Tengah sebagai instansi pemerintahan yang khusus menangani masalah kepegawaian Pegawai Negeri Sipil (PNS) se-Jawa Tengah. Dengan jumlah PNS di Jawa Tengah saat ini sebanyak kurang lebih 16.000 orang, sehingga dalam pengelolaan data BKD menggunakan suatu sistem informasi kepegawaian agar mempermudah proses pengelolaan data. Pada penelitian ini BKD Provinsi Jawa Tengah mempunyai sebuah sistem informasi kepegawaian diantaranya e-Gaji yang berfungsi mengelola data penggajian termasuk kenaikan gaji berkala PNS yang berfungsi pada proses pembuatan Surat Keputusan (SK) kenaikan gaji berkala PNS. Terdapat beberapa permasalahan pada proses pengelolaan dan pembaruan data pada e-Gaji sehingga informasi yang disampaikan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Dengan permasalahan tersebut akan dilakukan analisa berdasarkan domain Monitor, Evaluate, and Assess (MEA01) yang mengacu pada COBIT 5 dengan mengumpulkan informasi pendukung melalui studi dokumen, wawancara, dan kuesioner. Setelah dilakukannya analisa tingkat kapabilitas maka diperoleh hasil sebesar 78,44% atau sebanding dengan 2,78 dengan status Larger Achieved dimana dalam proses pengelolaan dan pembaruan data e-Gaji belum sepenuhnya dikelola dengan baik. Untuk mencapai level kapabilitas 4, maka BKD Provinsi Jawa Tengah perlu startegi perbaikan yang dilakukan secara bertahap dari proses atribut level 2 sampai 4.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:32
    Last Modified: 04 May 2017 15:32
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21793

    Actions (login required)

    View Item