AHMAD, EFENDI ROSYID (2016) PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MENGENALKAN SENI TARI TRADISIONAL PADA ANAK SEJAK DINI DI KOTA SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Indonesia memiliki berbagai jenis kebudayaan, salah satunya adalah seni tari tradisional, tari tradisonal memiliki makna-makna kearifan lokal dalam setiap gerakan. Namun saat ini tari tradisional semakin kurang diminati, terutama oleh anak-anak, hal ini terjadi karena beberapa faktor, seperti globalisasi yang membawa dampak mudahnya seni budaya asing seperti modern dance masuk kedalam kebudayaan indonesia, serta kurangnya peran orang tua untuk mengarahkan anak-anaknya mengenal dan mempelajari seni tari tradisional semakin membuat tari tradisional kurang diminati. Oleh karena itu dibutuhkan iklan layanan masyarakat sebagai upaya menarik minat dan mengajak masyarakat untuk melestarikan seni budaya bangsa sendiri. Pada perancangan iklan layanan masyarakat ini menggunakan dua jenis metode pengumpulan data yaitu metode kuantitatif dan kualitatif, yaitu dengan observasi, wawancara, dan kuisioner. data yang telah diperoleh akan dianalisa dengan menggunakan 5W+1H. Untuk mencapai tujuan tersebut, iklan layanan masyarakat dilakukan dengan menampilkan kebersamaan anak-anak dan orang tua dalam mengenal seni tari tradisional indonesia dan akan di aplikasikan pada media seperti poster, buku tempel stiker, MMT, puzzle, kaos, pembatas buku, stiker, dan pin.
Actions (login required)