UDiNus Repository

Perancangan Game Lets Be The Fire Fighter! Sebagai Edukasi Tanggap Kebakaran bagi Anak Usia 7-11 Tahun di Kota Semarang

ASEP, PUTRA GINANJAR (2016) Perancangan Game Lets Be The Fire Fighter! Sebagai Edukasi Tanggap Kebakaran bagi Anak Usia 7-11 Tahun di Kota Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Minimnya pengetahuan masyarakat terutama anak-anak mengenai kebakaran membuat mereka rentan menjadi korban dan penyebab kebakaran itu sendiri. Kurangnya pengetahuan yang dimiliki oleh masyarakat mengenai kebakaran disebabkan karena pembelajaran di tingkat sekolah mengenai tanggap kebakaran masih kurang dan sosialisasi dari dinas pemadam kebakaran juga masih belum menyasar semua kalangan. Oleh karena itu, demi menciptakan ketahanan bencana dimasa mendatang perlu dilakukan edukasi tanggap kebakaran ini sejak dini. Data diperoleh melalui metode wawancara dan observasi secara langsung kepada beberapa sekolah dasar dan Dinas Kebakaran Kota Semarang serta target audiens untuk mengetahui permasalahan tentang kebakaran. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan metode 5W+1H kemudian dijadikan pertimbangan dalam pembuatan konten game. Konten dalam game dikemas dalam bentuk game bergenre casual dan sub genre simulasi agar mudah dimainkan dan dipahami. Edukasi tanggap kebakaran bagi anak usia 7-11 tahun dapat dilakukan melalui media game “Lets Be The Fire Fighter!” dengan cara yang menyenangkan. Dengan menggunakan game berbasis android, anak-anak dapat ikut berpartisipasi dalam meminimalisir frekuensi terjadinya kebakaran dengan memahami dan menerapkan serta mengaplikasikan pembelajaran tanggap kebakaran ini secara bijak melalui poin-poin positif yang disampaikan dalam game di kehidupan sehari-hari.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:32
    Last Modified: 04 May 2017 15:32
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21802

    Actions (login required)

    View Item