TITIS, RAHMAWATI DWI (2016) PENENTUAN PRODUK ASURANSI BERDASARKAN PROFIL PELANGGAN DENGAN PENDEKATAN K-NEAREST NEIGHBOR MANHATTAN DISTANCE DI BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG II SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (4079b) | Preview | |
Image (JPEG) Download (0b) | ||
| PDF Download (1034Kb) | Preview | |
| PDF Download (263Kb) | Preview | |
| PDF Download (796Kb) | Preview | |
| PDF Download (40Kb) | Preview | |
| PDF Download (110Kb) | Preview | |
| PDF Download (155Kb) | Preview | |
| PDF Download (82Kb) | Preview | |
| PDF Download (1766Kb) | Preview | |
| PDF Download (111Kb) | Preview | |
| PDF Download (1199Kb) | Preview | |
| PDF Download (609Kb) | Preview | |
| PDF Download (729Kb) | Preview |
Abstract
Dengan semakin berkembangnya kebutuhan masyarakat asuransi menjadi hal yang diperlukan dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Dalam kasus asuransi jiwa produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi sangat beragam. Hal ini menyebabkan customer mengalami kebinggungan dalam menentukan pilihan produk asuransi yang akan mereka beli. Padahal setiap produk memiliki fungsi yang berbeda-beda. Customer harus memilih produk tersebut dengan teliti sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak salah memilih produk dan mengalami kerugian dengan membeli produk asuransi yang salah. Laporan tugas akhir ini akan membahas tentang memprediksi produk yang tepat untuk dipromosikan terhadap customer sesuai dengan profile customer. Dengan menggunakan data pelanggan yang diperoleh dari BPJS Cabang II Semarangyang ada akan dilakukan perhitungan yang akan menghasilkan prediksi produk asuransi yang akan dipromosikan terhadap pelanggan, menggunakan algoritma K-Nearest Neighbor Manhattan Distance, serta penggunaan MATLAB untuk pengotomatisasian perhitungan KNN Manhattan Distance. Hasil akurasi yang diperoleh yaitu 54%, jumlah tersebut masih sangatlah rendah. Hal ini dikarenakan karena konsumen dapat memiliki berbagai potensi dalam mengambil keputusan untuk membeli produk asuransi. Dari laporan ini dihasilkan program yang diharapkan dapat memberikan rekomendasi produk untuk ditawarkan terhadap customer sesuai dengan profile customer.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 04 May 2017 15:37 |
Last Modified: | 04 May 2017 15:37 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21892 |
Actions (login required)
View Item |