UDiNus Repository

PENENTUAN PRODUK ASURANSI BERDASARKAN PROFIL PELANGGAN DENGAN PENDEKATAN K-NEAREST NEIGHBOR MANHATTAN DISTANCE DI BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG II SEMARANG

TITIS, RAHMAWATI DWI (2016) PENENTUAN PRODUK ASURANSI BERDASARKAN PROFIL PELANGGAN DENGAN PENDEKATAN K-NEAREST NEIGHBOR MANHATTAN DISTANCE DI BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG II SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4079b) | Preview
    [img] Image (JPEG)
    Download (0b)
      [img]
      Preview
      PDF
      Download (1034Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF
        Download (263Kb) | Preview
          [img]
          Preview
          PDF
          Download (796Kb) | Preview
            [img]
            Preview
            PDF
            Download (40Kb) | Preview
              [img]
              Preview
              PDF
              Download (110Kb) | Preview
                [img]
                Preview
                PDF
                Download (155Kb) | Preview
                  [img]
                  Preview
                  PDF
                  Download (82Kb) | Preview
                    [img]
                    Preview
                    PDF
                    Download (1766Kb) | Preview
                      [img]
                      Preview
                      PDF
                      Download (111Kb) | Preview
                        [img]
                        Preview
                        PDF
                        Download (1199Kb) | Preview
                          [img]
                          Preview
                          PDF
                          Download (609Kb) | Preview
                            [img]
                            Preview
                            PDF
                            Download (729Kb) | Preview

                              Abstract

                              Dengan semakin berkembangnya kebutuhan masyarakat asuransi menjadi hal yang diperlukan dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Dalam kasus asuransi jiwa produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi sangat beragam. Hal ini menyebabkan customer mengalami kebinggungan dalam menentukan pilihan produk asuransi yang akan mereka beli. Padahal setiap produk memiliki fungsi yang berbeda-beda. Customer harus memilih produk tersebut dengan teliti sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak salah memilih produk dan mengalami kerugian dengan membeli produk asuransi yang salah. Laporan tugas akhir ini akan membahas tentang memprediksi produk yang tepat untuk dipromosikan terhadap customer sesuai dengan profile customer. Dengan menggunakan data pelanggan yang diperoleh dari BPJS Cabang II Semarangyang ada akan dilakukan perhitungan yang akan menghasilkan prediksi produk asuransi yang akan dipromosikan terhadap pelanggan, menggunakan algoritma K-Nearest Neighbor Manhattan Distance, serta penggunaan MATLAB untuk pengotomatisasian perhitungan KNN Manhattan Distance. Hasil akurasi yang diperoleh yaitu 54%, jumlah tersebut masih sangatlah rendah. Hal ini dikarenakan karena konsumen dapat memiliki berbagai potensi dalam mengambil keputusan untuk membeli produk asuransi. Dari laporan ini dihasilkan program yang diharapkan dapat memberikan rekomendasi produk untuk ditawarkan terhadap customer sesuai dengan profile customer.

                              Item Type: Article
                              Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
                              Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
                              Depositing User: Psi Udinus
                              Date Deposited: 04 May 2017 15:37
                              Last Modified: 04 May 2017 15:37
                              URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21892

                              Actions (login required)

                              View Item