UDiNus Repository

ANALISA TINGKAT KEMATANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI BIDANG TI MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 4.1 PADA DOMAIN PERENCANAAN DANPENGATURAN (Studi kasus : DINHUBKOMINFO JAWA TENGAH)

NURUL, SOFA (2017) ANALISA TINGKAT KEMATANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI BIDANG TI MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 4.1 PADA DOMAIN PERENCANAAN DANPENGATURAN (Studi kasus : DINHUBKOMINFO JAWA TENGAH). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (DINHUBKOMINFO) provinsi Jawa Tengah merupakan dinas pemerintahan yang melaksanakan urusan pemerintah berkaitan dengan perhubungan, komunikasi dan informatika daerah. Kurang optimalnya pengelolaan SDM dan infrastruktur teknologi informasi yang ada, menjadi permasalahan yang harus di evaluasi lebih lanjut oleh organisasi karena hal ini menjadi dasar bagaimana jalannya proses bisnis ke depannya. Oleh sebab itu di perlukannya pengukuran tingkat kematangan teknologi informasi berdasarkan dengan standar COBIT 4.1 pada divisi KOMINFO yang berfokus pada domain Plan and Organise (PO) di proses PO4, PO7, PO8. Dalam penelitian ini perolehan data di dapat dari kuisioner dan wawancara yang kemudian di lakukan perhitungan menggunakan Maturity level sesuai dengan studi literature yang telah di pelajari. Dari kuisioner tersebut di dapatkan hasil akhir tingkat maturity level domain PO pada KOMINFO di level 2 Reapeatable But Intuitive. Hasil tersebut kemudian di bandingkan dengan level yang di inginkan dan juga untuk mengetahui proses yang berada pada tingkat terendah akan menjadi fokus perbaikan dalam meningkatkan tata kelola teknologi informasi yang ada.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:49
    Last Modified: 04 May 2017 15:49
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22073

    Actions (login required)

    View Item