UDiNus Repository

PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT UNTUK MENGENALKAN KEMBALI WAYANG POTEHI UNTUK ANAK-ANAK USIA 5-8 TAHUN MELALUI MEDIA INTERAKTIF

REGINA, YOVITASARI (2017) PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT UNTUK MENGENALKAN KEMBALI WAYANG POTEHI UNTUK ANAK-ANAK USIA 5-8 TAHUN MELALUI MEDIA INTERAKTIF. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Indonesia adalah negara yang memiliki banyak kesenian, diantaranya seni tari, seni wayang, seni musik serta adat istiadat daerah yang di setiap daerahnya berbeda-beda. Dalam kebudayaan Indonesia terdapat pula kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia dan sudah mengakar di Indonesia, wayang potehi contohnya. Pada masa orde lama, wayang potehi mengalami perkembangan yang sangat pesat, namun karena adanya Inpres Nomer 14 Tahun 1967 itulah wayang potehi mulai kurang dikenal sehingga banyak sekali masyarakat yang kurang mengetahui adanya wayang potehi terutama anak-anak. Banyak anak-anak muda zaman sekarang yang menganggap bahwa wayang potehi itu kuno, padahal dibalik itu semua terdapat pesan moral yang sangat bagus untuk anak-anak. Pengenalan kembali wayang potehi untuk anak-anak sangat dibutuhkan agar generasi muda dapat melestarikan keberadaan wayang potehi. Media penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif melalui wawancara terhadap dalang wayang potehi, observasi dan dokumentasi pertunjukan wayang potehi. Metode analisis data menggunakan metode Kipling (5w+1H). Hasil dari penelitian ini adalah media interaktif sebagai media untuk mengenalkan kembali wayang potehi. Dengan adanya media interaktif ini diharapkan anak-anak usia 5-8 tahun dapat tertarik untuk mengenal kembali wayang potehi dan ikut melestarikan wayang potehi.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:54
    Last Modified: 04 May 2017 15:54
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22139

    Actions (login required)

    View Item