REGINA, YOVITASARI (2017) PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT UNTUK MENGENALKAN KEMBALI WAYANG POTEHI UNTUK ANAK-ANAK USIA 5-8 TAHUN MELALUI MEDIA INTERAKTIF. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Indonesia adalah negara yang memiliki banyak kesenian, diantaranya seni tari, seni wayang, seni musik serta adat istiadat daerah yang di setiap daerahnya berbeda-beda. Dalam kebudayaan Indonesia terdapat pula kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia dan sudah mengakar di Indonesia, wayang potehi contohnya. Pada masa orde lama, wayang potehi mengalami perkembangan yang sangat pesat, namun karena adanya Inpres Nomer 14 Tahun 1967 itulah wayang potehi mulai kurang dikenal sehingga banyak sekali masyarakat yang kurang mengetahui adanya wayang potehi terutama anak-anak. Banyak anak-anak muda zaman sekarang yang menganggap bahwa wayang potehi itu kuno, padahal dibalik itu semua terdapat pesan moral yang sangat bagus untuk anak-anak. Pengenalan kembali wayang potehi untuk anak-anak sangat dibutuhkan agar generasi muda dapat melestarikan keberadaan wayang potehi. Media penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif melalui wawancara terhadap dalang wayang potehi, observasi dan dokumentasi pertunjukan wayang potehi. Metode analisis data menggunakan metode Kipling (5w+1H). Hasil dari penelitian ini adalah media interaktif sebagai media untuk mengenalkan kembali wayang potehi. Dengan adanya media interaktif ini diharapkan anak-anak usia 5-8 tahun dapat tertarik untuk mengenal kembali wayang potehi dan ikut melestarikan wayang potehi.
Actions (login required)