MUHAMMAD, ASIF (2017) Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Pentingnya Peran Orang Tua Melindungi Remaja Dalam Penggunaan Jejaring Sosial. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Kurangnya pengetahuan orang tua tentang dampak buruk jejaring sosial membuat orang tua masih membiarkan anak remajanya bebas mengakses jejaring sosial tanpa adanya pengawasan dari orang tua, sehingga banyak terjadi kasus kriminalitas yang menimpa anak remaja. Hal tersebut membuat BP3AKB memerlukan media komunikasi Iklan Layanan Masyarakat yang efektif. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran orang tua tentang dampak buruk jejaring sosial pada remaja. Perancangan Iklan Layanan Masyarakat ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif, pengumpulan data melalui wawancara, observasi lapangan dan menyebarkan angket. Data di analisis menggunakan analisis FRAMING Robert N.Entman untuk menekankan penyelesaian. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa persepsi orang tua selama ini masih membiarkan anaknya bebas mengakses jejaring sosial tanpa adanya pengawasan. Konsep secara umum menggunakan pendekatan emosional dengan menempatkan ilustrasi sebagai penggambaran bentuk dan dampak buruk jejaring sosial. Kegiatan Iklan Layanan Masyarakat menggunakan media utama video animasi dan media pendukung lainnya seperti poster, x-banner, brosur, pin, stiker, kaos dan stiker. Melalui perancangan Iklan Layanan Masyarakat ini nantinya orang tua di kota Semarang mampu mengarahkan anaknya menggunakan jejaring sosial secara baik dan bijaksana, demi menciptakan kedamaian dan ketentraman.
Actions (login required)