DEKA, MIFTAHUSSIFA FATIKHA (2017) PERANCANGAN MEDIA IKLAN OBYEK WISATA WADUK GAJAH MUNGKUR KABUPATEN WONOGIRI. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri merupakan tempat rekreasi keluarga yang menawarkan keindahan waduk sebagai keunggulannya dan dapat dinikmati melalui beragam fasilitas atau wahana. Mengingat begitu kompetitifnya aspek pariwisata di Kabupaten Wonogiri dan sekitarnya, pengelola terus berinovasi dengan melakukan penambahan fasilitas atau wahana untuk memuaskan ekspektasi pengunjung dan dapat bersaing dengan kompetitor. Namun, selama ini pengelola hanya mengunggah foto atau video ke media sosial untuk mengiklankan fasilitas baru tersebut, sehingga jumlah pengunjung belum mengalami peningkatan yang signifikan. Oleh karena itu, Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur memerlukan suatu perancangan berupa program informasi yang komunikatif untuk mempublikasikan daya tarik baru tersebut kepada masyarakat luas. Penulis melakukan penelitian menggunakan metode kualitatif dengan cara mengumpulkan data melalui wawancara, dokumentasi, observasi, dan studi literatur kemudian menganalisanya melalui metode analisa SWOT. Hasil analisa yang didapat sebagai strategi adalah membuat desain media iklan yang menonjolkan informasi seputar fasilitas atau wahana sebagai inovasi baru. Konsep desain menggunakan ilustrasi berupa foto fasilitas atau wahana baru yang diolah secara digital. Desain iklan akan diaplikasikan pada media utama yaitu billboard dan media pendukung seperti spanduk, poster, folder, flyer, T-banner, X-banner, kaos dan stiker. Diharapkan melalui perancangan media iklan ini dapat menarik minat calon wisatawan untuk berkunjung, sehingga Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur mendapat pengunjung sesuai dengan target yang diharapkan.
Actions (login required)