LINA, FAJRIN EKA (2017) PERANCANGAN VISUAL BRANDING PEMPEK PALEMBANG GAJAHMADA CEK MING. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Perkembangan usaha kuliner makanan tradisional di kota Semarang mengalami peningkatan yang cukup pesat. Salah satu dari usaha kuliner tersebut adalah Pempek Palembang Gajahmada Cek Ming yang berdiri sejak tahun 1982, sebuah kedai yang menyajikan makanan khas Palembang yaitu pempek. Terletak di Jalan Seteran Tengah Gajahmada Semarang. Pempek merupakan makanan kuliner khas kota Palembang yang tidak hanya populer di kota asalnya tetapi juga digemari masyarakat seluruh Indonesia. Namun di kota Semarang sudah banyak yang mendirikan usaha kedai pempek dengan persaingan yang semakin ketat. Maka dari itu, perlu dibuatnya sebuah perancangan visual branding yang dapat mendukung pencitraan agar kedepannya semakin dikenal dan menjadi bisnis usaha kuliner pilihan masyarakat kota Semarang. Perancangan ini menggunakan metode kualitatif dan matriks SWOT untuk menemukan strategi komunikasi dan menghasilkan suatu konsep perancangan yang tepat dengan menonjolkan kekuatan dari kedai pempek yang berkesan modern dan fresh agar memiliki ciri khusus dan pembeda dengan kompetitor lain. Media utama yang digunakan adalah buku grafis standar manual dan media pendukung berupa stationary, daftar menu, nomor meja, papan nama, box motor delivery, seragam karyawan dan packaging. Dengan adanya perancangan ini diharapkan terciptanya brand awareness di benak masyarakat serta memberikan image positif dan loyalitas agar dapat membantu kelangsungan hidup usaha ini.
Actions (login required)