RAHADIAN, KHARISMA HARDA (2017) PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT SOSIALISASI PENCEGAHAN KEKERASAN TERHADAP HEWAN DI PULAU JAWA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Hewan adalah salah satu makhluk hidup yang diciptakan dan hidup berdampingan dengan manusia. Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman hayati, menurut International Union of Conservation of Nature (IUCN) diperkirakan terdapat 300.000 jenis satwa hidup di Indonesia. Dibalik keanekaragaman hayati yg dimiliki, tindak kekerasan dan perburuan hewan di Indonesia juga sering terjadi. Kekerasan terhadap hewan dapat berupa kekerasan fisik seperti seperti memukul atau menendang karena kesal hingga hewan mengalami trauma, cacat fisik, bahkan hingga kematian. Dan kekerasan psikis seperti tidak memberikan kasih sayang, mengabaikan kebutuhan hewan, bahkan mengurung dan mengikat hewan secara berlebihan. Dari beberapa kasus yang terjadi hewan seringkali menjadi media pelampiasan emosi oleh sang pengadopsi, dan kurangnya rasa tanggung jawab terhadap hewan yang dipelihara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode framing untuk mendiskripsikan kekerasan yang terjadi terhadap hewan. Sementara itu analisis yang digunakan untuk mengolah data adalah analisis framing untuk mengetahui fakta, realita, ideal, penyebab, dan statement untuk mendapatkan ide kreatif dan konsep yang menarik untuk mensosialisasikan kampanye "WE ARE NOT A TOYS" kepada masyarakat.
Actions (login required)