UDiNus Repository

Penerapan Data Mining Penjualan Onderdil Mobil dan Truk Menggunakan Algoritma Frequent Pattern-Growth (FP-Growth) Pada Toko Wibowo Motor Semarang

ISABAQOH, ROHMANAJI (2017) Penerapan Data Mining Penjualan Onderdil Mobil dan Truk Menggunakan Algoritma Frequent Pattern-Growth (FP-Growth) Pada Toko Wibowo Motor Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3558b) | Preview

    Abstract

    Data transaksi penjualan onderdil semakin lama akan semakin bertambah banyak. Data tersebut dapat dimanfaatkan sehingga menghasilkan informasi yang dibutuhkan secara cepat dan tepat bagi pihak toko untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran. Dengan adanya data mining diharapkan dapat membantu Toko Wibowo Motor untuk menggali informasi yang terkandung di dalam data transaksi menjadi sebuah pengetahuan yang baru. Algoritma Frequent Pattern Growth termasuk jenis aturan asosiasi pada data mining dan merupakan pengembangan dari algoritma apriori sebagai alternatif untuk menemukan sejumlah frequent itemset dari data-data transaksi. Melalui proses mining dengan algoritma FP-Growth ini maka akan di peroleh jenis onderdil yang paling banyak terjual serta menganalisa pola berupa produk yang terjual secara bersamaan dalam setiap transaksi yang dapat di gunakan untuk strategi promosi produk.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:57
    Last Modified: 04 May 2017 15:57
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22186

    Actions (login required)

    View Item