ACHMAD, HIDAYAT ZAENAL (2017) Penerapan Algoritma Apriori Untuk Menentukan Strategi Penjualan Pada Rumah Makan Dapoer Emak Pati. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (3873b) | Preview |
Abstract
Pada penelitian ini digunakan Algoritma Apriori digunakan untuk meningkatkan penjualan pada Rumah Makan “Dapoer emak” Pati. Sistem ini diharapkan dapat membantu pemilik Rumah Makan “Dapoer emak” untuk merencanakan strategi pejualan produk menu yang mereka tawarkan. Perencanaan itu dilakukan dengan cara memberikan promo “Paket Hemat”sebagai pilihan untuk konsumen . Algoritma Apriori salah satu dari bagian Analisis Asosiasi. Algoritma ini dipilih untuk menghasilkan aturan-aturan asosiasi dari hasil transaksi penjualan menu pada Rumah Makan “Dapoer emak” . Dalam menentukan aturan asosiasi ini, diperlukan identifikasi frequent itemset . Hal ini merupakan kombinasi menu yang kemungkinan dibeli para konsumen. Penentuan ini dimulai dari 1 item sampai dengan 3item . Selanjutnya, itemset tersebut akan menghasilkan aturan-aturan asosiasi beserta nilai confidence . Jika nilai confidence sama dengan atau di atas nilai min-confidence yang telah didefinisikan sebelumnya maka kombinasi menu itu akan diikutkan dengan promo “Paket Hemat”. Selain itu konsumen juga langsung biasa memilih menu yang sudah terdaftar dalam menu “Paket Hemat” yang sudah terdaftar. Diharapkan dengan adanya promo “Paket Hemat ” ini, penjualan di Rumah Makan “Dapoer Emak” dapat meningkat dari sebelumnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 04 May 2017 16:03 |
Last Modified: | 04 May 2017 16:03 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22305 |
Actions (login required)
View Item |