UDiNus Repository

PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN PENDEKATAN HUMAN RESOURCES SCORECARD (HRS) PADA DEPARTEMEN PRODUKSI UNIT III PT. DELTA DUNIA SANDANG TEKSTILE DEMAK

ANGGA, HERMANTO DWI (2017) PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN PENDEKATAN HUMAN RESOURCES SCORECARD (HRS) PADA DEPARTEMEN PRODUKSI UNIT III PT. DELTA DUNIA SANDANG TEKSTILE DEMAK. Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    PT. Delta Dunia Sandang Tekstil (DDST) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Tekstil dan proses produksi pemintalan benang. Salah satu permasalah yang dihadapi perusahaan terkait dengan kinerja sumberdaya manusia adalah kurang terpenuhinya target perusahaan diindetifkasi dari banyaknya tingkat keterlambatan karyawan pada proses produksi Ring Spinning Frame. Untuk mengevaluasi produktivitas pada penelitian ini, maka perlu dilakukan pengukuran produktivitas karyawan. Model pengukuran produktivitas dilakukan menggunakan metode Human Resources Scorecard dengan menjabarkan visi dan misi menjadi aksi human resources yang dapat diukur kontribusinya dalam 4 perspektif yaitu perspektif High Performance Work System, HR System Aligment, HR Effisiency, HR Delivirable dan menhasilkan 12 key performance indicator (KPI). Berdasarkan hasil pencapaian yang dilakukan menggunakan Objective matrix dengan traffic light system menunjukan bahwa KPI 1 (tingkat keterlambatan karyawan) yang berada pada level terkecil yaitu 1 sehingga sangat membutuhkan perhatian yang intesif. Rekomendasi yang dapat diberikan yaitu menekan jumlah karyawan yang terlambat dengan memberikan sanksi tegas jika melakukan keterlambatan hingga 3x, sanksi dapat berupa pemotongan gaji atau jika masih lalai akan diberikan pemutusan kontrak, selain itu trainning karyawan setiap bulannya juga sangat penting untuk memberikan motivasi bagi para karyawan agar target yang diharapkan perusahaan tercapai.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
    T Technology > Teknik Industri
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:47
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:47
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22403

    Actions (login required)

    View Item