UDiNus Repository

Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien di Balai Pengobatan Gigi Puskesmas Padangsari Kota Semarang

MARSELLA, PUTRI OKTAVIANI (2017) Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien di Balai Pengobatan Gigi Puskesmas Padangsari Kota Semarang. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4080b) | Preview

    Abstract

    Kinerja puskesmas identik dengan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan dalam hal ini masyarakat yang berobat di Balai Pengobatan Gigi Puskesmas Padangsari Kota Semarang menjadi salah satu indikasi belum optimalnya kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien di Balai Pengobatan Gigi Puskesmas Padangsari Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian survey analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Data-data diolah dan dianalisa menggunakan uji univariat dan bivariat dengan uji statistik Chi Square. Populasi penelitian ini berrjumlah 3.107 orang, dengan sampel 355 orang dan sampel diambil dengan purposive sampling. Terdapat 218 responden (61%) yang memberikan peneliaian kualitas pelayanan dibawah rata-rata atau termasuk dalam kategori yang buruk. Serta terdapat 206 responden (58%) yang memberikan penilaian tingkat kepuasan pelanggan di bawah rata-rata atau termasuk dalam kategori yang rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan pelanggan (p value=0,000) Sebagai upaya peningkatan taraf kesehatan masyarakat perlu direkomendasikan kepada puskesmas diantaranya menjaga kebersihan dan tata letak bangunan pskesmas agar pasien menjadi lebih nyaman, terutama pengeras suara agar mendengar saat di panggil nomor antriannya.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:56
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:56
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22481

    Actions (login required)

    View Item