MARSELLA, PUTRI OKTAVIANI (2017) Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien di Balai Pengobatan Gigi Puskesmas Padangsari Kota Semarang. Skripsi,Fakultas Kesehatan.
| PDF Download (4080b) | Preview |
Abstract
Kinerja puskesmas identik dengan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan dalam hal ini masyarakat yang berobat di Balai Pengobatan Gigi Puskesmas Padangsari Kota Semarang menjadi salah satu indikasi belum optimalnya kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien di Balai Pengobatan Gigi Puskesmas Padangsari Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian survey analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Data-data diolah dan dianalisa menggunakan uji univariat dan bivariat dengan uji statistik Chi Square. Populasi penelitian ini berrjumlah 3.107 orang, dengan sampel 355 orang dan sampel diambil dengan purposive sampling. Terdapat 218 responden (61%) yang memberikan peneliaian kualitas pelayanan dibawah rata-rata atau termasuk dalam kategori yang buruk. Serta terdapat 206 responden (58%) yang memberikan penilaian tingkat kepuasan pelanggan di bawah rata-rata atau termasuk dalam kategori yang rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan pelanggan (p value=0,000) Sebagai upaya peningkatan taraf kesehatan masyarakat perlu direkomendasikan kepada puskesmas diantaranya menjaga kebersihan dan tata letak bangunan pskesmas agar pasien menjadi lebih nyaman, terutama pengeras suara agar mendengar saat di panggil nomor antriannya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Kesehatan |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 15:56 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 15:56 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22481 |
Actions (login required)
View Item |