UDiNus Repository

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, SIKAP, DAN POLA KONSUMSI DENGAN STUNTING PADA REMAJA DI SMP N 15 SEMARANG

IRENE, NUGRAHANI CHRISVINA (2017) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, SIKAP, DAN POLA KONSUMSI DENGAN STUNTING PADA REMAJA DI SMP N 15 SEMARANG. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4087b) | Preview

    Abstract

    Stunting merupakan retardasi pertumbuhan linier merupakan masalah gizi kronis yang diakibatkan dari asupan gizi yang kurang dalam waktu yang lama akibat pemberian makanan yang tidak memenuhi kebutuhan gizi. Data dari survei awal 2017 ditemukan 105 siswa mengalami stunting dengan kategori pendek dan sangat pendek. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara pengetahuan, sikap, pola konsumsi dengan stunting pada remaja di SMP N 15 semarang. Desain penelitian yang digunakan yaitu cross sectional yang dilakukan pada 50 siswa kelas 1-3 di SMP N 15 Semarang. Variabel yang diambil yaitu tinggi badan, berat badan dan pengetahuan, sikap dan pola konsumsi remaja stunting. Analisis data menggunakan uji rank spearman. Ditemukan remaja stunting pada perempuan sebanyak 62% dan laki-laki 38%. Distribusi kategori berdasarkan stunting pendek dan sangat pendek sebesar 88% dan 12%. Kategori berdasarkan IMT, kurang gizi sebesar 32%, normal 62%, BB lebih 6%. Kategori berdasarkan pengetahuan baik sebesar 52%, kategori berdasarkan sikap baik 52%, sedangkan kategori berdasarkan pola konsumsi baik sebesar 50%. Berdasarkan uji, ada hubungan antara pengetahuan dengan stunting dengan nilai p-value 0,009. Pengelolaan kantin dalam menyediakan makanan bergizi, diperlukan peran aktif UKS menjamin kualitas gizi untuk meningkatkan tumbuh kembang remaja.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 15:58
    Last Modified: 13 Dec 2017 15:58
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22521

    Actions (login required)

    View Item