UDiNus Repository

TINJAUAN MELEK TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI BERDASARKAN KARAKTERISTIK PETUGAS PUSKESMAS DI KABUPATEN KENDAL TAHUN 2017

PAMBAHAYUNG, SULISTIYO BRAMESWARI (2017) TINJAUAN MELEK TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI BERDASARKAN KARAKTERISTIK PETUGAS PUSKESMAS DI KABUPATEN KENDAL TAHUN 2017. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini telah mempengaruhi aspek kehidupan manusia. Mulai dari mengelolah, menyimpan dan menyusun data telah menggunakan sistem elektronik untuk mendapat data yang relevan. Puskesmas merupakan tongkak dari pelayanan kesehatan seluruh masyarakat Indonesia oleh karena itu puskesmas harus menghasilkan data yang akurat dan relevan. Peran tenaga kesehatan puskesmas sangatlah penting dalam pengelolahan data sehingga seluruh tenaga kesehatan harus menguasai teknologi informasi dan komunikasi karena mengingat sekarang ini semua telah menggunakan sistem elektronik. Tujuan penelitian adalah untuk mengambarkan pemahaman tenaga kesehatan puskesmas tentang teknologi informasi dan komunikasi berasarkan karakteristiknya. Penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan metode observasi dan kuesioner. Subjek penelitian adalah puskesmas Ringinarum, Kangkung I, Kangkung II dan Gemuh II. Objek penelitian adalah seluruh tenaga kesehatan di puskesmas tersebut. Hasil penelitian menunjukan range puskesmas Ringinarum 67, Kangkung I 51, Kangkung II 68, Gemuh II 75. Range tersebut menunjukan nilai pemahaman tenaga kesehatan terhadap teknologi informasi dan komunikasi. Dilihat dari nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa 2 puskesmas memiliki tenaga kesehatan yang kurang memahai teknologi informasi dan komunikasi. Saran penelitian ini, mengadakan pelatihan mengenai teknologi infomasi dan komunikasi agar tenaga kesehatan puskesmas lebih mengenal dan memahami tentang bagaimana cara mengoprasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk memudahkan pekerjaan mereka serta dapat menghasilkan data yang akurat dan relevan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:02
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:02
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22625

    Actions (login required)

    View Item