UDiNus Repository

Faktor-Faktor yang Melatarbelakangi Ketidaklengkapan Pengajuan Berkas Klaim BPJS Rawat Inap Triwulan 4 tahun 2016 di Rumah Sakit Permata Medika Semarang

ANDI, ARRAYAN RIVANDAA (2017) Faktor-Faktor yang Melatarbelakangi Ketidaklengkapan Pengajuan Berkas Klaim BPJS Rawat Inap Triwulan 4 tahun 2016 di Rumah Sakit Permata Medika Semarang. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Program Studi DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Fakultas Kesehatan, Universitas Dian Nuswantoro Semarang 2017 ABSTRAK ANDI RIVANDA ARRAYAN Faktor-Faktor yang Melatarbelakangi Ketidaklengkapan Pengajuan Berkas Klaim BPJS Rawat Inap Triwulan 4 tahun 2016 di Rumah Sakit Permata Medika Semarang Rumah Sakit Permata medika semarang melayani pasien BPJS dan Asuransi. Terdapat peningkatan jumlah pasien BPJS khususnya untuk yang rawat inap. Karena semakin banyak kunjungan pasien rawat inap petugas tidak teliti dalam memeriksa dokumen untuk diserahkan ke bagian pengendali sehingga banyak dokumen dikembalikan karena persyaratan klaim BPJS pasien rawat inap kurang lengkap.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-Faktor yang Melatarbelakangi Ketidaklengkapan Pengajuan Berkas Klaim BPJS Rawat Inap Triwulan 4 tahun 2016 di Rumah Sakit Permata Medika Semarang. Penelitian deskriptif dilakukan dengan mengobservasi 100 dokumen rekam medis.Hasil pengamatan menunjukkan dalam 3 bulan terdapat 100 dokumen rekam medis yang terkait dengan syarat klaim BPJS, dimana 40 % dokumen rekam medis belum lengkap. Penyebab 40 dokumen rekam medis dikembalikan adalah 42,2 % kurang nama & tandatangan dokter dilembar resume, 32,5 % kurang diagnosis di lembar resume,dan 25 % kurang nama dan tandatangan dokter di lembar operasi. Sebaiknya petugas unit rawat inap dan Dokter mematahui prosedur tetap, perawat harus lebih sering mengingatkan dokter agar melengkapi dokumen rekam medis pasien rawat inap.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:03
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:03
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22632

    Actions (login required)

    View Item