UDiNus Repository

PERBEDAAN PERILAKU KESELAMATAN BERKENDARA DAN KECELAKAAN LALU LINTAS BERDASARKAN JENIS KELAMIN PADA MAHASISWA PENGENDARA SEPEDA MOTOR DI UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

YULIA, DIATRI AYU (2017) PERBEDAAN PERILAKU KESELAMATAN BERKENDARA DAN KECELAKAAN LALU LINTAS BERDASARKAN JENIS KELAMIN PADA MAHASISWA PENGENDARA SEPEDA MOTOR DI UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Kecelakaan lalu lintas ialah suatu peristiwa yang terjadi di jalan raya dan tidak sangka mengaitkan kendaraan atau pengguna jalan lainnya yang dapat menimbulkan korban manusia serta kerugian harta benda. Sebagian besar kecelakaan lalu lintas di Indonesia yaitu 70% adalah pengendara sepeda motor di usia produktif 15-59 tahun. Dimana korban kecelakaan lebih tinggi terjadi pada laki-laki sebanyak 31,9% dibandingkan perempuan yaitu 19,8%. Universitas Dian Nuswantoro ialah salah satu perguruan tinggi swasta yang terletak di pusat Kota Semarang yang terkenal akan kepadatan lalu lintas dan sepeda motor. Dimana seluruh mahasiswa ialah tergolong dalam usia produktif yang memiliki resiko mengalami kecelakaan lalu lintas. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis perbedaan perilaku keselamatan berkendara dan kecelakaan lalu lintas berdasarkan jenis kelamin pada mahasiswa pengendara sepeda motor di Universitas Dian Nuswantoro. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Populasi penelitian pada mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro yang berjumlah 2272 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan metode random sampling. Jumlah sampel sebanyak 96 mahasiswa, yang selanjutnya dilakukan pengaktegorian sampel mewakili mahasiswa jenis kelamin laki-laki sebanyak 48 mahasiswa dan jenis kelamin perempuan sebanyak 48 mahasiswa. Instrumen penelitian yaitu kuesioner. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah dengan uji statistik Mann Whitney. Hasil dari uji statistik menunjukkan 2 variabel memiliki perbedaan berdasarkan jenis kelamin, yaitu praktek (p=0,008), dan pengetahuan (p=0,003). Sedangkan variabel yang tidak terdapat perbedaan adalah sikap (p=0,761) dan kecelakaan lalu lintas (p=0,228). Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan praktek dan pengetahuan keselamatan berkendara berdasarkan jenis kelamin pada mahasiswa pengendara sepeda motor di Universitas Dian Nuswantoro. Saran untuk mahasiswa diharapkan untuk mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku serta menumbuhkan rasa peduli terhadap keselamatan disi sendiri dan orang lain. Selain itu, bagi pihak universitas diharapkan mengupayakan program untuk mahasiswa yang berkaitan dengan keselamatan berkendara.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:03
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:03
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22633

    Actions (login required)

    View Item