UDiNus Repository

PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, SOSIALISASI PERPAJAKAN SERTA KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) DAN PAJAK BEA BALIK NAMA KENDARAAN BERMOTOR (BBNKB)

ANINDA, DEWI RIZKI (2017) PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, SOSIALISASI PERPAJAKAN SERTA KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) DAN PAJAK BEA BALIK NAMA KENDARAAN BERMOTOR (BBNKB). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3767b) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kesadaran wajib pajak, sosialisasi perpajakan, dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) dan pajak bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) pada Kantor Bersama Samsat III Kota Semarang. Populasi yang digunakan adalah Wajib Pajak yang terdaftar di Kantor Samsat III Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan teknik accesidental sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan ditemui dipandang cocok sebagai sumber data. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serempak kesadaran wajib pajak, sosialisasi perpajakan dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar PKB dan BBNKB pada kantor bersama Samsat III Kota Semarang. Sosialisasi perpajakan dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikansi pada kepatuhan wajib pajak, namun pada variabel kesadaran wajib pajak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar PKB dan BBNKB pada kantor bersama Samsat III Kota Semarang.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:23
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:23
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22761

    Actions (login required)

    View Item