UDiNus Repository

Analisis Pengaruh Net Profit Margin (NPM), Return On Assets (ROA) dan Current Ratio (CR) terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2011-2014

SETO, NUGROHO AGUS (2017) Analisis Pengaruh Net Profit Margin (NPM), Return On Assets (ROA) dan Current Ratio (CR) terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2011-2014. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3983b) | Preview

    Abstract

    Penentuan keputusan berinvestasi yang tepat perlu dilakukan analisa laporan keuangan yang baik, dan investor juga perlu menganalisis rasio-rasio keuangan sebagai pertimbangan dalam menentukan harga saham. Harga saham merupakan salah satu indikator keberhasilan pengelolaan perusahaan, jika harga saham suatu perusahaan selalu mengalami kenaikan, maka investor atau calon investor menilai bahwa perusahaan berhasil dalam mengelola usahanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Net Profit Margin (NPM), Return on Assets (ROA) dan Current Ratio (CR) terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011-2014. Pemilihan penelitian ini menggunakan purposive sampling, sehingga jumlah sampel yang digunakan sebanyak 71 perusahaan dari populasi yang berjumlah 145 perusahaan. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda untuk menganalisis data sekunder dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial atau individu Net Profit Margin (NPM) berpengaruh terhadap Harga Saham, Return On Assets (ROA) berpengaruh terhadap Harga Saham dan Current Ratio (CR) berpengaruh terhadap Harga Saham. Pengujian simultan atau secara bersama-sama menunjukkan adanya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:25
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:25
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/22825

    Actions (login required)

    View Item